Apa Itu Digital Marketing

Pengetian, Keunggulan dan Cara memulai untuk menggunakan Digital Marketing

Dulu dalam
dunia marketing, kita mengenal metode marketing seperti metode ATL (Above the
line) atau BTL (below the line). Pada masa kini, teknologi digital telah
mengubah secara signifikan cara bisnis memasarkan produknya menggunakan omnichannel,
multi-format, dan multi-platform. Simak ulasan lengkapnya

Apa Itu
Digital Marketing

Digital
marketing merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun
produk menggunakan media elektronik (digital). Beberapa tahun kebalakang, media
digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya
dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Pada era
ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan
yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat media
digital menjadi salah satu channel utama.

Berikut
adalah beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk ke dalam digital marketing,
diantaranya:

  • SEO –
    Search Engine Optimization
  • Iklan online
    – FB ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi
    & radio
  • Billboard
    elektronik (video tron)
  • Surat
    elektronik (e-mail) marketing
  • Mobile
  • dan
    lain-lain

Keunggulan Digital Marketing

Dengan
menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa persen konversi
penjualan dari setiap iklan, mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak, serta
dapat melihat berapa banyak orang yang telah menonton iklan anda.

Abilitas
pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para
pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing
perusahaan.

Selain itu,
luas jangkauan geografis juga menjadi keunggulan dari digital marketing. Dengan
menggunakan media digital, anda dapat menyebarkan konten/brand produk anda ke
seluruh dunia hanya dengan satu kali klik.

Maka dari
itu, dengan hadirnya digital marketing metode offline marketing sudah mulai
ditinggalkan oleh beberapa perusahaan tertentu.

Memulai Digital Marketing

Dalam
digital marketing, sangat penting bagi seorang digital marketer untuk tahu
teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar
pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu
elemen yang penting dalam dunia digital marketing adalah aset, kenali apa aset
digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja.

Beberapa
aset dalam digital marketing, diantaranya:

  • Postingan
    blog
  • Website
  • Akun
    sosial media
  • Identitas
    brand (logo & company profile)
  • Jejak
    online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda
sudah memiliki beberapa aset di atas, hal yang perlu Anda lakukan adalah
mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang telah Anda miliki.

Semisal
untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang berfungi
untuk menarik calon pelanggan. Atau bisa juga melalui sosial media seperti
instagram, facebook dan twitter dan buatlah foto atau video pendek yang menarik
dan share-able.

Selanjutnya,
jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik seperti tokopedia,
bukalapak, shopee dll, maka usahakan profil usaha kamu punya rating dan review
yang baik dari para pelanggan. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu
tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika
kamu sudah mulai mengerti mengenai digital marketing, baiknya kamu
tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital
marketing sebagai
acuan dasar.

Berikut
penjelasan mengenai Digital marketing yang dapat anda pahami,sampai bertemu di
penjelasan lainnya ya J

Leave a Reply